Beranda > Info IT > 7 Catatan Kecil tentang Produk Gagal

7 Catatan Kecil tentang Produk Gagal

Juni 12, 2009

Ketika produk diluncurkan, tentunya tak ada yang mengelak kalau harapannya hanya satu: penjualan meledak dan laku keras. Kalau bisa sepanjang waktu penjualannya terus meningkat dan meningkat. Sampai menjadi penghasilan pasif yang terus mengalir sepanjang waktu.

Sayangnya tak semua produk mengalami nasib seperti itu. Ada yang tak begitu laris, lalu perlahan menghilang bahkan sebelum dikenal pasar secara luas. Mengapa bisa begitu?

Berikut catatan kecil saya tentang produk yang tidak mampu bertahan di pasar:

  • Iklan tidak efektif. Iklan yang salah sasaran hampir bisa dipastikan menjadi promo yang tak efektif. Sebab, itu seperti menawarkan produk kepada orang yang tak membutuhkan.
  • Positioning produk tidak tepat. Salah pilih posisi untuk positioning produk anda serta berbagai alat promosinya seperti blog misalnya, bisa berakibat fatal untuk bisnis anda.
  • Tidak didesain baik. Bagi pemilik produk, cover produk yang baik dapat meningkatkan daya tarik produk. Sebaliknya bila kurang baik, bisa membuat ketertarikan pengunjung pun berkurang.
  • Harapan pasar terlampau tinggi. Produknya mungkin bagus. Namun pasar menginginkan lebih dari yang ada. Pasar menaruh harapan yang terlampau tinggi terhadap produk tersebut sehingga ketika harapan pasar tak mampu dipenuhi, pasar menjadi kecewa.
  • Kurang ide dan biaya. Mungkin bisa karena ide pengembangan yang kurang atau biaya pengembangan produk yang terlampau mahal. Dalam pengembangan sebuah produk, tanpa kesiapan kedua hal tadi bisa memperpendek usia produk. Biaya pengembangan meliputi biaya riset dan analisis produk lanjutan.
  • Persaingan terlampau keras. Masuk ke dalam niche yang sudah begitu padat yang diisi para pebisnis internet besar, namun tanpa dibarengi kesiapan yang cukup, bisa membuat produk anda sulit berkembang. Untuk mengantisipasinya
  • Perubahan arah teknologi. Bila produk anda berhubungan dengan teknologi yang berkembang cepat, anda harus awas memperhatikannya. Bila tidak, produk anda akan cepat kadaluarsa.

Ketujuh penyebab di atas hanya sekedar catatan kecil saya terhadap penyebab produk yang belum diterima pasar. Sama sekali bukan bermaksud untuk membuat anda berpikir ulang atau menghentikan langkah anda untuk action. Tetap lanjutkan langkah anda dan mulai rintis bisnis internet anda dari sekarang.

Kategori:Info IT
  1. fajarccit
    Juni 13, 2009 pukul 1:51 am

    ok deh bos

  2. fajarccit
    Januari 31, 2010 pukul 2:48 am

    hallooo

  1. No trackbacks yet.
Komentar ditutup.
%d blogger menyukai ini: