Beranda > Info IT > Google Rancang Tablet PC dengan Chrome OS

Google Rancang Tablet PC dengan Chrome OS

Februari 4, 2010

Tak lama lagi, iPad akan mendapat lawan berat. Google pun kini memperluas pengembangan proyek Chromium-nya untuk menciptakan perangkat tablet sejenis yang bekerja dengan platform atau sistem operasi Chrome OS.

Konsep desain perangkat tablet rancangan Google muncul dalam salah satu halaman situs untuk developer Chrome. Di halaman tersebut ditampilkan foto-foto bentuknya maupun konsep tampilan dasar untuk user interface-nya (UI). Namun, semuanya baru desain awal.

“Ini adalah sebuah konsep UI yang sedang dalam masa pengembangan. Desainnya bisa berubah setiap saat,” demikian pernyataan Google yang di bagian atas halaman.

Halaman tersebut menampilkan garis besar tampilan Chrome OS di perangkat tablet. Ada beberapa konsep yang sudah ditawarkan Google dalam tablet tersebut. Antara lain dengan keyboard virtual yang bisa dimodifikasi tergantung kebutuhan apakah satu layar penuh, sesuai ukuran aplikasi yang dibuka, atau dibagi di kanan dan kiri agar menyesuaikan dua tangan. Selain itu, Google juga menawarkan beberapa pengaturan tab untuk membuka lebih dari satu aplikasi. Bisa di pinggir atau saling bersisian

Untuk memperjelas konsep desain tersebut, Google juga menyediakan penjelasan dalam bentuk video yang bebas diunduh dari halaman yang sama. Konsep tersebut didesain oleh Glen Murphy.

Belum ada informasi kapan tablet ini akan tersedia di pasaran. Namun, Google sebelumnya pernah mengumumkan bahwa Chrome OS akan diluncurkan akhir tahun ini. Chrome OS merupakan sistem operasi baru rancangan Google yang dibangun dari platform browser web Chrome. Sistem operasi tersebut sepenuhnya mendukung layanan cloud computing karena semua aplikasi dan data tak disimpan dalam hardisk melainkan di server internet.

Kategori:Info IT
%d blogger menyukai ini: