Beranda > Info Acara > Intel Siapkan Prosesor Desktop 6 Core

Intel Siapkan Prosesor Desktop 6 Core

Februari 4, 2010

Setelah beberapa tahun terakhir mengunggulkan prosesor dual core dan empat core di pasar komputer desktop dan server, Intel kini tengah menyiapkan prosesor dengan enam core. Dalam pernyataannya Rabu (3/2/2010), Intel berencana merilisnya tahun ini.

Namun, prosesor tersebut belum akan dirilis untuk komputer mainstream, namun sementara akan didesain untuk desktop dan server kelas atas. Cip yang digunakan berbasis arsitektur Westmere yang memberikan kinerja lebih baik dari generasi sebelumnya serta penghematan daya.

“Prosesor ini mengandung 1,17 miliar transistor dan memiliki 12 MB cache,” kata juru bicara Intel seperti dilansir PC World, Kamis (4/2/2010). Proses produksinya menggunakan teknologi 32 nanometer yang seperti yang kini dipakai pada prosesor Core i3,i5, dan i7. Meski arsitektur dasarnya sama, prosesor enam core tidak akan dilengkapi chipset grafis terintegrasi sehingga pengguna harus tetap memiliki VGA card terpisah di komputernya.

Intel menargetkan prosesor enam core pada desktop dengan nama kode Gulftown untuk pasar gamer. Prosesor ini akan dijual satu kategori dengan Core i7 dan secara teknis bisa digunakan dengan motherboard yang sama.

Untuk server, prosesor ini akan menggantikan prosesor enam core sebelumnya yang dirilis 2008 dengan nama kode Dunnington. Nama, merek dagangnya akan sama yakni Xeon meski dengan kinerja yang jauh lebih baik. Khusus untuk server, Westmere juga dilengkapi teknologi enkripsi AES (Advanced Encryption Standard) yang baru untuk mendukung keamanan data server maupun virtualisasi.

Kategori:Info Acara
%d blogger menyukai ini: