Beranda > Info Penemuan Baru > iPad Ancam Produsen PC

iPad Ancam Produsen PC

Februari 4, 2010

Perangkat baru yang ringan buatan Apple yang dijuluki iPad, yang bisa digunakan untuk browsing web dan mengirimkan media digital, kemungkinan akan menjadi alternatif selain netbook serta menjadi ancaman bagi produsen personal computer (PC).

Meski tidak selengkap fitur PC, iPad sanggup menjalankan banyak hal yang dianggap konsumen penting dalam netbook, komputer mini yang sangat populer akhir-akhir ini.

Dengan bobot yang sangat ringan, iPad menyediakan aplikasi akses e-mail, Internet, dan media digital seperti buku elektronik (electronic books).

Versi termurah iPad akan dijual seharga 499 dolar (hampir Rp5 juta), lebih mahal dari kebanyakan netbook yang dijual sekitar 400 dolar (sekitar Rp4 juta) atau di bawah itu.

“Orang yang memperhatikan netbook juga akan sangat serius memperhatikan iPad,” kata Charles Smulders dari perusahaan riset pasar, Gartner, seperti dikutip sebuah media bisnis terkemua dalam webnya baru-baru ini.

Sejumlah kalangan mengatakan, munculnya iPad bisa mengancam produsen komputer seperti Hewlett-Packard, Acer, dan Dell, ketika pasar netbook berkembang pesat pada quarter keempat tahun lalu saat konsumen dan perusahaan menunda untuk membeli perangkat kerja yang berharga mahal.

Pasar PC pada waktu itu tumbuh 15,2 persen, setelah turun 0,4 persen pada 2008, sebagaimana dilaporkan perusahaan riset IDC.

Menurut analis IDC, David Daoud, porsi substansial dari pertumbuhan itu disumbang oleh penjualan netbook, PC jinjing yang ringan dan berharga murah.

iPad yang juga memungkinkan untuk bermain games, beserta kelebihan-kelebihannya yang lain, ternyata tidak mengejutkan bagi Presiden Nintendo, Satoru Iwata.

Satoru mengatakan tidak ada kejutan dalam iPad dan tampak seperti antusiasme kecil dalam teknologi 3-D (tiga dimensi) serta peningkatan gambar definisi tinggi untuk games.

%d blogger menyukai ini: