Beranda > Renungan Ilmu > Mulailah Menulis

Mulailah Menulis

Desember 30, 2011
Bagi seorang blogger pemula, kesulitan dalam menulis tentu menjadi kendala utama. Karena belum terbiasa, menulis seakan menjadi pekerjaan berat. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memulai untuk menulis!. Lalu apa yang ditulis? Bagaimana sistematika penulisan? Topik apa yang sebaiknya saya tulis? Mungkin pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menghantui Anda.
Bagi penulis pemula, berbagai pertanyaan tersebut justru malah menghambat niat Anda untuk menulis. Yang harus Anda lakukan adalah menghilangkan segala pertanyaan-pertanyaan tersebut dari benak Anda. Cobalah untuk rileks, dan menulislah sekehendak hati Anda. Mulailah dengan topik yang menjadi kegemaran atau keahlian Anda. Pengalaman pribadi juga bisa menjadi inspirasi dalam menulis. Jangan terpaku pada sistematika penulisan yang rumit. Jika Anda merasa bahwa menulis dengan bahasa resmi itu sulit, maka menulislah dengan bahasa sehari-hari. Yang terpenting Anda dapat mengeluarkan ide, gagasan ataupun ilmu pengetahuan yang ada di otak Anda, menjadi sebuah tulisan.
Lakukan latihan menulis secara teratur. Jangan takut salah. Kalaupun salah, Anda tidak akan dipenjara!. Tanamkan itu dalam benak Anda. Semakin sering menulis, maka kemampuan Anda pun akan semakin meningkat. Seberapa pun Anda belajar tentang cara menulis yang baik, namun jika Anda tidak sering berlatih menulis, tetap saja Anda tidak bisa menulis. Sekali lagi saya tegaskan, menulislah! Dan terus menulis! Hanya dengan cara itu Anda bisa menjadi seorang penulis yang handal!.
Kategori:Renungan Ilmu
%d blogger menyukai ini: