Beranda > Renungan Ilmu > Bagaimana Memulai Menulis

Bagaimana Memulai Menulis

Desember 31, 2011
Menulis memang sesuatu yang tidak semua orang mau melakukannya. Bagi orang yang belum terbiasa, menulis dianggap sebagai sesuatu yang berat, sulit dan membosankan. Namun yakinlah, jika Anda sudah terbiasa, menulis adalah sesuatu yang mengasyikkan. Lalu bagaimana memulai membuat tulisan? Apakah harus belajar dulu tentang cara menulis? Atau kursus menulis? Berbagai pertanyaan muncul ketika kita hendak memulai menulis. Berikut ini beberaa tips bagaimana memulai menulis sebuah tulisan/artikel:
1. Menulis dengan membabi buta. Salah satu cara agar kita berani untuk memulai membuat tulisan adalah dengan cara “menulis secara membabi buta”. Membabi buta disini tidak berarti kita menulis ngawur, hanya merangkai huruf tanpa makna. Bukan! Tapi maksudnya adalah menuliskan segala apa yang ada dikepala, saat Anda ingin membuat tulisan. Jangan menghiraukan disiplin tata bahasa yang rumit. Yang penting curahkan semua uneg-uneg Anda. Jangan mengedit tulisan sebelum Anda menyelesaikan tulisan tersebut.
2. Mulailah dengan menuliskan pengalaman dan pendapat pribadi. Ketika kita belum terbiasa menulis, pasti akan kesulitan membuat tulisan yang formal dan menyertakan berbagai kutipan sebagai referensi. Jangan memaksakan diri menulis dengan banyak referensi. Mulai saja dengan pengalaman dan pendapat pribadi. Dengan begitu, kita akan bebas mengungkapkan segala uneg-uneg kita. Pengalaman yang kita alami, bisa jadi inspirasi yang menarik. Dan kita tidak akan kesulitan menuliskannya. Karena kita sudah mengalaminya sendiri. Setelah terbiasa menulis, baru menulis dengan menyertakan referensi. Untuk memantapkan pendapat yang kita kemukakan.
3. Buat kalimat pembuka yang sederhana. Seorang penulis cenderung ingin memulai tulisannya dengan kata-kata yang memikat dan bombastis. Agar para pembaca tertarik untuk melanjutkan membaca artikelnya. Namun bagi penulis pemula, hal ini justru akan menghambat produktifitas dalam menulis. Terlalu memikirkan kata-kata yang menarik sebagai kalimat pembuka, akhirnya ide-ide yang ada dalam kepala lenyap begitu saja, sebelum sempat dituliskan. Buat kalimat pembuka yang sederhana saja. Yang penting ide dalam kepala kita bisa tercurahkan dalam tulisan.
Itulah beberapa tips untuk memulai sebuah tulisan. Jadi, tunggun apa lagi? Ayo segera menulis!
Kategori:Renungan Ilmu
%d blogger menyukai ini: