Beranda > Info IT, Renungan Pengusaha > 8 Tips Sukses bagi Profesional IT

8 Tips Sukses bagi Profesional IT

April 15, 2012

Mencari Pekerjaan di IT dan berniat mempertahankannya Yang Anda butuhkan adalah kombinasi keahlian yang tepat, etika kerja yang baik, sikap positif, dan berpikir kreatif. Tapi kalau masih butuh pegangan, tips dari ZDNet Asia patut untuk dicoba.

1. Rebut Perhatian

Pastikan surat lamaran atau Curriculum Vitae (CV) Anda menonjol diantara yang lainnya. Para perekrut karyawan menerima banyak sekali CV setiap harinya, jadi Anda mesti berusaha sebaik mungkin untuk merebut perhatian mereka. Tunjukkan karakter Anda melalui si CV.

Lulusan baru sebaiknya disarankan memanfaatkan pengalamannya selama di universitas seperti berorganisasi dan membantu proyek dosen sebagai nilai tambah di CV karena pihak perusahaan sedang menemukan hal-hal yang berbeda disana. Sedangkan bagi pelamar yang berpengalaman, jangan hanya mendeskripsikan pekerjaan sebelumnya, tonkolkan semua prestasi yang pernah diraih.

Pihak perusahaan cenderung lebih menyukai kandidat yang telah mengantongi sertifikasi populer seperti CCIE dari Cisco atau programmer Certified Java dari SUN Microsystem.

2. Buat CV Secermat Mungkin

Kostumasikan setiap CV untuk setiap aplikasi pekerjaan. Ingatlah bahwa CV semestinya tidak dibuat satu kali saja dan dikirimkan ke perusahaan yang berbeda. Ia haruslah dirancang spesifik sesuai dengan lowongan yang dilamar.

Jika ada bidang Anda kuasai, singgunglah secara mendalam tentang pengalaman proyek yang pernah Anda lakukan untuk menambah daya tarik CV Anda. Jika Anda tidak menguasai keahlian yang dibutuhkan, nyatakan bahwa Anda sangat berminat untuk mempelajarinya sebagai tantangan baru, tapi tuliskan dengan jelas dan jangan bertele-tele.

3. Manfaatkan Jaringan

Kontak pribadi bisa jadi sangat berharga ketika Anda mencari pekerjaan. Selain metode  biasa  seperti memantau iklan lowongan di surat kabar, menyambangi portalrekrutmen online, dan bertemu dengan spesialis rekrutmen; sebarkan juga ke kolega, teman-teman dan kerabat yang relavan yang kiranya dapat membantu Anda.

4. Miliki Kemampuan Berkomunikasi.

Selain keahlian teknis, profesional IT juga butuh menguasai keterampilan berkounikasi seperti bahasa Inggris. Selain itu, etika bisnis dasar seperti berbusana dengan baik, masuk kerja tepat waktu dan menunjukkan minat terhadap pekerjaan juga penting.

5. Jangan Cuma Omong Kosong

Kombinasi Hard skill dan soft skill mutlak dibutuhkan oleh siapa saja. Menurut para perekrut, banyak kandidat yang punya kemampuan yang luar biasa, tapi sulit menuangkan pikirannya dengan baik. Sebaliknya ada pula kandidat yang dapat mempresentasikan bisnisnya dengan oke, tapi tidak mampu mewujudnya aksi nyata.

6. Berpikirlah seperti Entrepreneur

Mentang-mentang Anda bekerja pada orang lain, bukan berarti Anda tidak boleh berpikir layaknya seorang entrepreneur. Belakangan ini, pihak perusahaan cenderung mencari orang yang tidak hanya memiliki keahlian yan dibutuhkan, tapi juga otak wirausahawan. Tentunya, hasil pemikiran Anda

tersebut haruslah demi keuntungan perusahaan bukan untuk Anda pribadi. Rajin-rajinlah memberi gagasan dan melontarkan cara-cara baru dalam melakukan hal-hal rutin. Perusahaan yang bergenre dinamis pasti sangat menyukainya.

7. Teruslah Belajar.

Rajinlah mengikuti perkembangan industri dan tidak semata mata menunggu perusahaan mengirimkan Anda ke seminar, kursus atau pameran IT. Pengetahuan tidaklah mahal dan bisa diperoleh dengan sedikit usaha dan waktu melalui internet, organisasi atau bloging.

8. Terbukalah

Jika mau sukses di dunia IT, ambillah semua tantangan baru. Misalnya jika Anda lulusan baru dan diterima sebagai konsultan SAP tapi kemudian perusahaan butuh karywan untuk dilatih di bidang Peoplesoft, dan mereka ingin memilih Anda, jangan lewatkan kesempatan tersebut dan terus perluas pengetahuan Anda. Sebaliknya, jika Anda keras kepala dan hanya tertarik pada satu keahlian spesifik, bahkan menolak menerima perusahaan, petualangan Anda di perusahaan bisa jadi tidak berumur panjang.

Selamat Sukses..

from: fitridevi.wordpress.com

%d blogger menyukai ini: