Beranda > Renungan Lingkungan > Terapi Bicara Baik Untuk Atasi Kegelisahan

Terapi Bicara Baik Untuk Atasi Kegelisahan

Oktober 29, 2013

Terapi bicara, yang dilakukan perawat dan petugas lain di klinik, dapat membantu orang yang mengalami kegelisahan karena takut sakit, padahal sebenarnya sehat, kata hasil penelitian terbaru.

Tujuan tindakan disebut Terapi Kesadaran Perilaku (CBT) itu adalah membantu orang memahami bahwa pikiran dan kebiasaan mereka mempengaruhi yang dirasakan dan cara mereka menanggapi keadaannya.

Kemudian, dilanjutkan dengan langkah praktis, yang membantu orang mengatasi pikiran buruk dan akibatnya.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa CBT akan membantu kesehatan kegelisahan ketika dilakukan oleh terapis khusus yang ahli dalam perawatan kesehatan mental.

Namun penelitian kecil yang dilakukan oleh klinik spesialis, tempat banyak orang yang mengalami gangguan kegelisahan dan terlihat tidak menunjukkan keluhan sakit terbawa oleh kekhawatiran memiliki penyakit serius.

“Di semua negara maju ada perawat khusus yang mendapat pelatihan tambahan untuk membantu pasien seperti itu yang biasanya menghadapi masalah yang lebih sulit,” kata Dr Peter Tyrer kepada bidang kesehatan Reuters, melalui email.

Dr Tyrer memimpin penelitian di Imperial College, London, Inggris.

Tyrer mengatakan, temuan-temuan itu membuatnya menyarankan bahwa ketika memberikan pelatihan mengenai penyakit jantung atau otak, misalnya, para perawat mendapat tambahan waktu untuk mempelajari terapi bicara mengenai kesehatan kegelisahan.

Dengan cara itu, para perawat bukan hanya bisa meneliti orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan kegelisahan melainkan juga bisa memberi perawatan, katanya.

Marla Deibler, seorang psikolog klinik yang tidak terlibat dalam penelitian Tyrer mengatakan bahwa para peneliti “memiliki gagasan cemerlang — menyediakan cara cepat dan biaya efektif untuk perlengkapan perawatan kendali itu.

Namun, ia menambahkan, temuan penelitian itu mengesahkan apa yang sudah kami ketahui, bahwa setiap campur tangan kesadaran perilaku atas kegelisahan bisa bermanfaat.

Kebutuhan untuk memberikan pelatihan besar-besaran bagi perawat dan pihak lain mengenai CBT mungkin kurang mendapat tekanan di AS dibandingkan di Inggris, kata Deibler.

Ia adalah pendiri dan pemimpin Pusat Kesehatan Emosi Greater, Philadelphia.

Ia menjelaskan, dengan mengacu pada bukti-bukti perawatan kesehatan mental selama satu dasawarsa terakhir, “ada banyak psikolog kesehatan kesadaran di AS, mungkin ini tidak sama dengan di Inggris”.

“Di AS kita memiliki psikolog kesehatan yang bekerja bersama para dokter sehingga kita tidak kehilangan peluang untuk membantu pasien yang mungkin menolak untuk menjalani perawatan kesehatan jiwa –sayangnya masih menjadi masalah,” katanya kepada Reuters.

Tyrer dan rekan mempelajari 444 orang berusia antara 16 hingga 75 tahun, yang menjawab kuesioner yang menunjukkan bahwa mereka mengalami gangguan kegelisahan yang tinggi. Peserta dipilih dari klinik perawatan jantung, perut dan penyakit lain.

Mereka dipilih secara acak untuk masuk dalam kelompok peserta yang mendapatkan lima hingga 10 sesi perawatan CBT dibandingkan dengan kelompok lain.

Kelompok lain hanya mendapat perawatan biasa untuk mengukur keadaan dan kecemasan mereka dan mendapat kepastian dari dokter bahwa mereka tidak sakit.

Setahun kemudian para peneliti menemukan tingkat kesehatan kegelisahan menurun sampai normal pada 14 persen pasien dalam kelompok penelitian dan 7 persen pada kelompok biasa.

Orang-orang dalam kelompok terapi juga menunjukkan kemajuan besar dalam kegelisahan dan depresi, beradasar laporan perorangan pada enam bulan hingga setahun dan masih terlihat meningkat hingga dua tahun, kata para peneliti yang dilaporkan di The Lancet.

Ref Link :  http://www.ciputranews.com/kesehatan/terapi-bicara-baik-untuk-atasi-kegelisahan

 

%d blogger menyukai ini: